Sabtu, 07 Juni 2014

THE BLUE OF GUA CINA BEACH



Kawasan pantai yang terletak di desa Sitiarjo kecamatan Sumbermanjing Wetan kabupaten Malang Selatan dikoordinat   8°26’52.26″S dan 112°39’6.58″E ini di apit oleh 2 pantai antara lain pantai Sendang Biru dan pantai Bajul Mati. Pantai Gua Cina, sudah banyak artikel mengenai lokasi pantai ini namun saya ingin sedikit menambahkan apa yang mungkin belum ada pada artikel yang lain.
Akses menuju kawasan pantai ini sebenarnya cukup mudah, namun ketika 1km sebelum pantai, anda akan melewati yang namanya jalan "makadam" (jalan yang masih belum beraspal). Cukup untuk sekedar "menggoyang" isi perut anda.
Mengapa Pantai Gua Cina ? Apa yang menyebabkan dinamakan Pantai Gua Cina ?
Menurut sejarah dan hasil mengolah berbagai informasi dari penduduk setempat, dahulu kala terdapat seorang pertapa Cina yang bertapa di gua itu hingga beliau meninggal di gua tersebut. Untuk itulah hingga akhirnya dinamakan sebagai Pantai Gua Cina.






Tahun 1950an, pantai ini ditemukan oleh pertapa cina tersebut, namun baru dipublikasikan ke umum sekitar tahun 2007. Sejak saat itu, dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan kunjungan ke pantai ini hingga akhirnya mulai banyak public yang mengenal tentang pantai Gua Cina. Hamparan Ombak karakter pantai Selatan yang terkenal ganas dan berwarna  biru, disertai dengan batuan karang di tepian pantai menambah eksotisme lokasi ini.






Hanya satu hal yang membuat saya penasaran adalah tentang keberadaan gua yang berada di sebelah barat pantai ini, bila ditempuh perjalanan setapak sekitar kurang lebih 45menit di balik bukit. Konon gua tersebut merupakan gua peninggalan jaman kolonial Belanda, entah apa fungsi dari gua tersebut bagi Belanda. Karena keterbatasan waktu saya, ditambah juru kunci pantai yang ketika itu tidak sedang berada ditempat, akhirnya saya gagal mengunjungi gua tersebut. Sekedar memastikan dan ingin tahu kebenarannya.



Mungkin bila diberi kesempatan, suatu saat nanti saya akan kembali berkunjung ke pantai ini. Selain karena panoramanya yang indah dan alami, masih penasaran terhadap misteri gua peninggalan Belanda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar