Selasa, 06 Mei 2014

JAWA TIMUR PUNYA GILI KETAPANG

     Ketika Gili Trawangan semakin banyak dikenal masyarakat luas hingga internasional, ketika Karimun Jawa menjadi surga bawah laut di Jawa Tengah, ketika Kepulauan Seribu semakin mempercantik diri, di Jawa Timur terdapat sebuah pulau terpencil , berjarak sekitar 8 km dari kota Probolinggo dan hanya bisa dijangkau dengan perahu motor milik nelayan di pelabuhan Tanjung Tembaga. 


     Gili Ketapang, sebuah daratan seluas 68ha dan dikelilingi oleh hamparan birunya perairan selat Madura yang mayoritas penduduknya bersuku Madura. Berbagai artikel mengatakan bahwa hampir seluruh masyarakat setempat masih minim dalam berbahasa Indonesia. Cukup membuat kita mengerutkan dahi ketika mendengarnya. Maka sebagai antisipasi, saya meminta bantuan dari rekan yang kebetulan keturunan dan fasih dalam berbahasa Madura untuk meminimalisasi miskomunikasi selama disana.


     Jarak tempuh dengan perahu motor untuk kondisi normal mampu ditempuh selama 30-45 menit. Bersama dengan beberapa penduduk, saya beserta beberapa rekan mencoba berbaur dg beberapa orang yg kebetulan bersebelahan dengan kami.


     Menurut legenda setempat, pulau ini dulunya menyatu dengan daratan Desa Ketapang (Pulau Jawa), yang kemudian secara gaib bergerak lamban ke tengah laut, karena gempa yang dahsyat akibat letusan Gunung Semeru. Nama Gili Ketapang berasal dari bahasa Madura, gili yang artinya mengalir, dan Ketapang merupakan nama asal desa tersebut (wikipedia).


      Sampai di sebuah dermaga, nampak beberapa aktifitas warga setempat yang di dominasi berprofesi sebagai nelayan.  Saya rasa tidak kalah dengan beberapa pantai yang berada di Bali, Lombok ataupun Sulawesi.







     Tak berapa lama, kami mulai menyusuri jalan sempit (Lebih kurang lebarnya sekitar 2m) menuju beberapa pesisir pantai dengan hamparan pasir putih. 20 menit kami tiba di sisi timur pulau Gili Ketapang. Benar adanya, salah satu pantai yang menurut saya bisa disejajarkan dengan pantai-pantai lain yang terlebih dahulu dikenal masyarakat luas.







     Gili Ketapang, tetaplah menjadi dirimu, bukan sebuah lokasi untuk dilacurkan. Namun agar semua orang tahu apa itu Gili Ketapang...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar